Ungkap Jihad Ekonomi Kaum Sarungan

    Mokh Syaiful Bakhri Minggu,13 Mei 2018-03:04:38


    Segera hadir satu buku lagi yang memaparkan sukses alumni pondok pesantren dalam mengembangkan ekonomi melalui wadah koperasi syariah. Sebelumnya telah terbit buku Kebangkiran Ekonomi Syariah di Pesantren (2004), Sukses Ekonomi Syariah di Pesantren (2011) dan Sukses Koperasi Syariah di Sidogiri (2015). Kini segera terbit Jihad Ekonomi Kaun Sarungan (2018).

    Naskah buku Jihad Ekonomi Kaun Sarungan  yang masih dalam proses penilaian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini, berisi dialog, gagasan, profil lembaga dan rekam jejak kesuksesan para aktivis dan alumni pesantren dalam mengembangkan koperasi syariah melalui Kopontren Sidogiri, Koperasi BMT Maslahah dan Koperasi BMT UGT Sidogiri.

    “Apabila lolos dalam penilaian, maka naskah tersebut akan diterbitkan dan disebarluaskan oleh Kementrian Pendidikan. Saya berharap kehadiran buku Jihad Ekonomi Kaum Sarungan ini, nantinya dapat dijadikan sebagai model pemberdayaan ekonomi umat dan direplikasi sehingga kesuksesan koperasi syariah dapat menyebar di seluruh Indonesia,” papar Mokh. Syaiful Bakhri yang menulis keempat buku tersebut.

    Menurutnya, apabila kesuksesan alumni pondok pesantren dapat direplikasi di seluruh Indonesia, hal ini merupakan bakti dari kalangan pesantren atau biasa disebut kaum sarungan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan ekonomi umat dan bangsa Indonesia demi terwujudnya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

    Bakti kaum sarungan terhadap bangsa dan negara ini pada gilirannya akan menggeser pandangan terhadap orang sarungan yang identik dengan orang-orang pesantren dan pedesaan. “Kaum sarungan di Sidogiri ternyata mampu bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas sehingga mendapat kepercayaan dan mampu meraih prestasi puncak tingkat nasional dalam bidang keuangan mikro syariah,” paparnya.

    Mereka adalah kaum sarungan dari Sidogiri yang berhasil mengelola koperasi dengan baik sehingga tiga koperasi yang ada di Sidogiri masuk dalam daftar 100 koperasi besar di Indonesia. Koperasi BMT UGT Sidogiri berada di urutan ke-3, Koperasi BMT Maslahah berada di urutan ke-14 dan Kopontren Sidogiri berada di urutan ke-93 (Peluang, 2012).


    Tinggalkan komentar:

    Baca Juga

    Paket Takjil Lazizaa Hanya 8K

    1 hari yang lalu

    Ungkap Jihad Ekonomi Kaum Sarungan

    1 minggu yang lalu

    Setelah Dapat Umrah Badrus Soleh Kembali Ikuti GHMD

    1 minggu yang lalu

    UAS Puji Alumni Sidogiri yang Sukses Kelola Ekonomi

    1 minggu yang lalu

    Simpan Dana Berhadiah Mobil, Motor dan Umrah

    2 minggu yang lalu